APA YANG TERJADI JIKA TIDAK ADA KHALIFAH/KHILAFAH? KERUSAKAN DALAM SKALA BESAR!

 


Al-Imam Sulthanul 'Ulama 'Izzuddin bin Abdissalam (w. 660H) dalam kitabnya Al-Qawa'id Al-Kubra menjelaskan besarnya kebutuhan umat terhadap khalifah menempati urutan pertama di antara berbagai kebutuhan pihak kecil/lemah kepada pihak yang besar/kuat.

أما احتياج الأصاغر إلى الأكابر فهو أنواع: أحدها: الاحتياج إلى الإمام الأعظم ثم إلى الولاة القائمين بمصالح المسلمين، ثم إلى القضاة القائمين بإنصاف المظلومين من الظالمين وحفظ الحقوق على الغائبين، وعلى الأطفال والمجانين، ... 

Adapun kebutuhan pihak yang kecil/lemah terhadap pihak yang besar/kuat ada bebarapa macam. Pertama; kebutuhan terhadap adanya khalifah (al-imam al-a'zham), lalu kebutuhan terhadap para wali (semacam gubernur) yang mengurusi kemaslahatan kaum muslim, lalu kebutuhan terhadap para hakim yang memberikan hak kaum teraniaya dari para penindasnya, serta menjaga hak-hak orang hilang, anak-anak, dan orang gila. ...

ولولا نصب الإمام الأعظم لفاتت المصالح الشاملة، وتحققت المفاسد العامة ولاستولى القوي على الضعيف، والدنيء على الشريف، 

Jika bukan karena diangkatnya seorang Khalifah (al-imam al-a'zham) maka niscaya kemaslahatan secara menyeluruh akan terabaikan dan kerusakan bersifat umum akan terjadi. niscaya yang kuat akan menindas yang lemah, dan yang hina/jahat akan menindas yang mulia/baik. 

وكذلك ولاة الإمام فإنه لا يتم إلا بالاستعانة بهم للقيام بمصالح المسلمين، وكذلك الحكام لو لم ينصبوا لفاتت حقوق المسلمين ولضاعت أموال الغيب والصبيان والمجانين.

Demikian pula dibutuhkannya para Wali yang diangkat oleh Khalifah. Karena sesungguhnya tidak bisa sempurna tercapai kecuali dengan bantuan mereka untuk mewujudkan kemaslahatan kaum muslim. Demikian pula para hakim. Jika mereka tidak diangkat niscaya hak-hak kaum muslim akan terbengkalai, dan harta orang hilang, anak-anak, dan orang gila akan hilang.  

Sulthanul 'Ulama, Izzuddin bin Abdissalam. Al-Qawa'id Al-Kubra (Qawa'idul Ahkam fi Mashalih al-Anam). (Damaskus: Dar Al-Qalam) juz 2 hlm 120. 

Fawaid:

Khilafah berikut perangkatnya (para wali dan qadhi) selain sebagai kewajiban dalam mewujudkannya, merupakan perkara yang sangat besar dan menentukan dalam mewujudkan kemaslahatan kaum muslim.

Tanpa Khilafah kerusakan terjadi di berbagai lini. Gencarnya serangan akidah dengan pemikiran kufur, penjarahan besar-besaran atas kekayaan negeri-negeri kaum muslim, bahkan pembantaian terhadap umat Islam serta pelecehan terhadap agamanya terus terjadi tanpa ada yang bisa membela dan menghentikannya. Pihak yang kuat benar-benar menindas pihak yang lemah, dan yang hina/jahat menindas yang mulia/baik. 


#KhilafahAjaranIslam

#IslamRahmatanLilAlamin

#110TahunTanpaKhilafah

#TegakkanKembaliKhilafah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA YANG TERJADI JIKA TIDAK ADA KHALIFAH/KHILAFAH? KERUSAKAN DALAM SKALA BESAR! "

Post a Comment