WAKAF BAITUL ASYI Kelola 5 Aset ini, hasilnya untuk Jamaah Haji Aceh...





Pada tahun ini (tahun 2019) sebanyak 4.688 jamaah haji asal Aceh masing2 menerima uang wakaf sebesar 1.200 riyal Arab Saudi atau Rp4,8 juta (kurs Rp4.000 per riyal) dan satu mushaf Alquran.

Uang tersebut berasal dari hasil pengelolaan Wakaf Habib Bugak Asyi yang kini dikenal sebagai Wakaf Baitul Asyi.

Pembagian dana wakaf kepada jamaah asal Aceh ini telah berlangsung selama 14 tahun. Uang yang dibagikan tersebut merupakan hasil dari pengembangan wakaf Baitul Asyi yang digagas Habib Bugak sejak 200 tahun lalu (tepatnya 219 tahun Wakaf ini berjalan)...

Wakaf Baitul Asyi tersebut merupakan wakaf produktif yang mengelola sejumlah hotel di kawasan Masjidil Haram serta tanah dan perumahan bagi warga keturunan Aceh di Arab Saudi.

Kini, ada lima aset yang dikelola oleh wakaf Habib Bugak Asyi (Baitu Asyi), yang hasil sejumlah pengelolaannya dibagikan untuk jamaah haji Aceh di Makkah: 

1. Hotel Elaf Masyair. Hotel bintang lima dengan kapasitas 650 kamar yang berada di wilayah Ajiyad Mushafi, berjarak sekitar 250 meter dari Masjidil Haram. 

2. Hotel Ramada. Hotel bintang lima dengan kapasitas 1.800 kamar, yang berada di wilayah Ajiyad Mushafi, berjarak sekitar 300 meter dari Masjidil Haram.

3. Hotel Wakaf Habib Bugak Asyi di Aziziah. Bisa menampung 750 jamaah haji, dibangun di atas luas tanah 800 meter persegi.

4. Tanah dan bangunan seluas 900 meter di Aziziah. Digunakan sebagai Kantor Wakaf Habib Bugak Asyi di Makkah.

5. Gedung di kawasan Syaikiyah yang dibeli tahun 2017 oleh Naazir Wakaf Baitul Asyi senilai 6 juta Riyal. Gedung ini dijadikan tempat tinggal warga Arab Saudi keturunan Aceh dan orang Aceh yang bermukim di Arab Saudi secara gratis, tanpa batas waktu tinggal.

Wakaf Baitul Asyi ini dikelola oleh dua orang Nadzir yang dikukuhkan oleh Mahkamah Syariyyah Mekah. Yakni Prof Dr Abdurrahman Abdullah Asyi dan Syaikh Abdullatif Baltho. Sedangkan bendahara Muhammad Sayyid, warga negara Mesir.


Subhaanallaah.. πŸ‘πŸ‘πŸ•‹πŸ‘πŸ‘

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAKAF BAITUL ASYI Kelola 5 Aset ini, hasilnya untuk Jamaah Haji Aceh..."

Post a Comment