PROFESOR BICARA KHILAFAH - JEJAK KHILAFAH DI NUSANTARA

 


πŸ›‘ LIVE EVENT EDISI KE 6

Sebulan sudah berlalu sejak pertama kali Film JKDN ini di launching pada 20 Agustus 2020 bertepatan pada 1 Muharram 1442 H, namun siapa sangka film ini masih menyisakan banyak perdebatan dan pembahasan yang harus dikaji. Baik terkait isi film, terkait persoalan hukum, maupun terkait dengan pernyataan-pernyatan mengenai film ini dari beberapa tokoh nasional maupun bahkan internasional.

Pada saat gala premier secara virtual melalui channel youtube yang ditonton lebih dari 500,000 orang secara live, film ini dalam durasi 1 jam mengalami dua kali pemblokiran oleh pemerintah dengan pesan _“Konten ini tidak tersedia di domain negara ini karena ada keluhan hukum dari pemerintah”_, sehingga demi kelancaran film tetap berlangsung, tim media langsung membuat channel baru sebanyak dua kali. Pertanyaannya? Hukum apa yang dikeluhkan? Pelanggaran hukum apa yang dilakukan dari Film ini? Bukankah Pemerintah melalui Kemenag sudah memindahkan materi Khilafah dari Mapel Fiqih kepada Mapel Sejarah?

Secara dokumentasi, film ini banyak menunjukkan bukti-bukti empirik baik arsip-arsip sejarah maupun data bendawi yang ditinggalkan oleh pelaku sejarah. Tidak hanya itu, bahkan film ini menggambarkan bahwa Khilafah juga meninggalkan jejak berupa para ilmuwan yang melahirkan puluhan kitab mulai dari ilmu agama, sastra, sejarah, dan ilmu falak. Siapa mereka? Berapa puluh karya mereka? 

Walaubagaimanapun sejarah bukanlah sumber hukum untuk menentukan hukum syariat, manusia sebagai pelaku hukum-hukum syariat tidaklah ma’shum (yang tidak mungkin salah), karena itu Sejarah bisa salah, bisa juga benar, sumber hukum umat Islam adalah al-Quran, sunnah, Ijma' Sahabat dan Qiyas. Pertanyaannya adakah dalil yang Quran dan Sunnah mengenai kewajiban adanya Khilafah? Bagaimana hukumnya tanpa Khilafah? 

Dalam rangka mencari titik terang mengenai perdebatan bukti-bukti sejarah dan dalil hukum Khilafah tersebut itulah ICOMAF edisi ke- 6 ini menghadirkan 6 Narasumber dengan kualifikasi Professor pada bidangnya masing-masing dengan tema:

*PROFESOR BICARA KHILAFAH; JEJAK KHILAFAH DI NUSANTARA*

AHAD, 20 SEPTEMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROFESOR BICARA KHILAFAH - JEJAK KHILAFAH DI NUSANTARA"

Post a Comment