ULAMA YANG LUAR BIASA ILMU DAN ADABNYA ITU TELAH PERGI




Beliau alumni Tarim, Yaman. Murid kesayangan Syaikh as-Syathiri. Ketika Syaikh Syathiri datang ke PP Nurul Haromain, Pujon, Malang, beliau yang diminta gurunya membacakan kitab yang ditalaqqikan gurunya kepada para masyayikh
Setelah bersama barisan pengemban dakwah, ujian beliau bertubi-tubi sampai akhirnya berpindah dari satu kota ke kota lain. Akhirnya, temen-temen di Malang membuatkan pesantren yang sederhana di daerah Pendem, Batu, Malang
Beberapa kali saya berkunjung ke pesantren beliau. Beliau ilmunya luar biasa, akhlak dan adabnya juga masya Allah. Meski mempunyai banyak karya yang ditulis dalam bahasa Arab, menandakan keilmuannya yang luar biasa, tetapi kalau ketemu saya selalu cerita kanget talaqqi dengan para masyayikh
Ketika kami mendirikan Ma'had Wakaf Syaraful Haramain, beliau saya minta menjadi salah satu mudarrisnya. Hanya, karena waktu, beliau belum sempat mengajar. Suatu ketika silaturrahim ke rumah, dan minta foto bareng. Kata beliau, untuk laporan pada isterinya, kalau sudah ketemu saya. Masya Allah. Padahal, beliau lebih alim, wara' dan zuhud Ya Rabb, hari ini, kami kehilangan teman, guru dan ulama yang luar biasa. Setelah beberapa hari yang lalu, Engkau telah memanggil para ulama kami.
Teriring doa
Ya Rabb, kami ridha dengan Qadha-Mu. Kami tidak meratapi apa yang Engkau tetapkan kepada kami. Kami selalu husnudhan kepada-Mu. Boleh jadi, ini adalah cara-Mu agar kami lebih kuat lagi mencetak para ulama pewaris Nabi-Mu, meski kami hanyalah debu Sahabat dan guruku, selamat menghadap Rabb-Mu. Ini adalah awal kehidupan-Mu di akhirat. Kelak, jika Engkau berada di jannah-Nya, ingatlah sahabatmu yang tertawan banyak dosa ini. Carilah aku.. Insya Allah, Engkau telah dicatat sebagai syuhada akhirat.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَس وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ


*KARYA-KARYA BERLIAN KH. MAHMUDI SYUKRI AL-MADURI* (1975-2021).
➖➖➖➖➖➖
Dua nasehat yang selalu saya ingat dari beliau selain nasehat yang sifatnya kegamaan, yaitu pertama tentang sejarah hidup dan kedua adalah tentang urgensi menulis. Hampir setiap mengajar beliau terus-menerus menasehati para santri tentang pentingnya membuat sejarah hidup, beliau berujar yang kurang lebih seperti ini: “buatlah sejarah dalam hidupmu”, sejarah kebaikan, sejarah perjuangan beserta kenangan-kenangan indah tentang kita meskipun kita telah tiada. Membuat sejarah hidup yang baik tentu saja harus diiringi dengan perjuangan, bagi seorang santri adalah belajar dengan giat, taat beribadah dan juga perjuang dalam kebaikan menjadi tugas utamanya. Sedangkan nesehat kedua yang sangat membekas di hati saya yaitu mengenai pentingnya menulis. Hampir setiap saat beliau memberi nesehat juga arahan kepada para santri untuk menulis. Beliau selalu memotivasi para santri untuk belajar menjadi komentator kitab dimulai dari kitab-kitab kecil seperti al-Ajurumiyah, Amriti dll. Ada sebagian santri belajar menulis dengan bahasa Arab dan beliau membimbingnya secara inten.
Beliau sendiri disamping seorang motivator juga seorang penulis. Hampir tiap malam di tengah-tengah kesibukan beliau bersama keluarga juga mendidik dan mengajar para santri, beliau luangkan waktu khusus untuk menulis. Ruangan beliau tidak terlalu besar, sekitar 2x3, tetapi ruangan itu penuh dengan ilmu, kitab-kitab, buku-buku catatan, polpen dan kertas yang beliau persiapkan sebagai alat untuk menulis. Dari ruangan kecil dan sempit itu ternyata dapat melahirkan karya-karya berlian yang sangat besar. Menurut sebagian orang, karya beliau tidak kurang dari 25 karya. Berikut ini beberapa karya beliau yang saya ketahui di antaranya:

1. Syarah kitab al-Fushul al-Fikriyyah bidang kajian gramatika. Kitab ini ditulis oleh beliau di usia 27 tahun, pada saat beliau masih manjadi santri di Ribat Tarim Hadramaut Yaman di bawah asuhan al-‘Allamah al-Habib Hasan dan ‘al-Allamah al-Habib Salim. al-Allamah Prof. Dr. Syekh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi merupakan salah satu guru kebanggaan beliau yang selalu beliau sebut dalam karya-karyanya selain al-Habib Hasan dan al-Habib Salim Asy-Syatiri. Kitab ini menjadi salah satu kitab yang diajarkan di Ribat Tarim serta menjadi satu-satunya syarah (saat itu yang masih ada) dari kitab al-Fushul al-Fikriyyahnya Syekh Abdullah Fikri
2. Riyadh al-Sirah al-Nabawiyah (3 jilid). Kitab ini menjelaskan tentang sejarah Islam dengan bahasa Arab dengan uraian yang sangat baik. Ditulis pada saat beliau masih aktif mengajar di Pondok Pesantren Darul Lugghah Wadda’wah, Bangil Pasuruan. Jilid pertama pernah diajarkan dalam bentuk kajian umum Ramadhan tahun 2019 yang lalu di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Batu.

3. Turrah Nazam Amriti. Kitab ini merupakan syarah ala ulama’ Mauritaniya Syinqith terhadap nazam ‘Amriti, ringkas padat serta penuh dengan fawaid nahwiyyah.

4. Hilyatul Mashun Syarah Jauharil Maknun. Kitab ini merupakan syarah nazam Jauhar al-Maknun (balaghah). Beliau memilih pendekatan ulama’ Syinqith sebagai model/teknik dalam menjelaskan kitab-kitab gramatika dan retorika Arab sebagaimana guru beliau, al-Allamah Prof. Dr. Syekh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi. Yang manarik, beliau membuat kitab ini sebagai hadiyah untuk istri beliau, Ning Hilyatul Mashuni, sewaktu awal beliau menikah sekitar tahun 2006. nama kitabnya ini pun sama dengan nama istri beliau, Hilyatul Mashun.
5. Al-Hawasyi al-Maduriyyah. Kitab ini menguraikan kaidah-kaidah umum ilmu logika (mantiq) sekaligus sebagai penjelasan lebih lanjut dari Turrah Mahnadh Baba asy-Syinqiti al-Maliki terhadap matan kitab al-Sullam karya al-Akhdhari.
6. Jam’ul Mutafarriqat Syarh Nazm al-Waraqat (di bidang Ushul Fikih). Kitab ini merupakan syarah kitab Nazam Waraqat yang sebagian besar penjelasannya diambil dari faidah-faidah yang disampaikan oleh guru beliau Prof. Dr. Syekh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi se waktu beliau belajar di Yaman.


7. At-Ta’aliq Allati Tajud (bidang Jurisprodensi Islam (Ushul Fikih). Di antara karya-karya beliau yang lain, kitab ini termasuk yang paling besar (2 jilid). Dalam kitab ini beliau menjelaskan 1000 bait nazam ilmu ushul dengan sangat baik. Beberapa bulan yang lalu, beliau sempat datang kepada gurunda beliau (juga guru saya) yang mulya, Drs. KH. Abdullah Chalil, M.Hum, Pengasuh Pondok Pesantren al-Usymuni untuk membuatkan kata pengantar terhadap karya beliau ini.

8. Nazam Qadrun Naza. Dalam kitab ini beliau menazamkan karya ulama’ gramatika ternama, Ibnu Hisyam al-Anshari dengan sangat apik dan mempesona. Kitab ini lahir tahun 2020

9. Beliau pernah juga menulis pengantar ilmu ushul dalam bahasa Arab yang saya lupa judulnya. Kitab ini menjelaskan secara ringkas, jelas dan padat kajian-kajian ilmu ushul dengan pola dan teknik modern dengan bahasa Arab. Namun sepertinya karya ini belum sempat beliau rampungkan serta belum diketik, wallahu’alam.

10. Nazam khusus yang dibuat untuk al-Habib Salim bin Abdullah bin Umar Asy-Syathiri sewaktu beliau wafat. Nazam ini berbahasa Arab, digubah dengan sangat indah oleh beliau teruntuk gurunya yang mulya.

11. Pada awal tahun 2011 yang lalu, beliau sempat bilang kepada teman-teman santri putera (waktu itu di kantor PP. Al-Usymuni Putera), bahwa beliau sedang menggarap kitab fikih perbandian (18 mazhab). Saya sangat ta’jub mendengarnya. Tetapi saya kurang tahu persis apakah naskah fikih 18 mazhab itu masih ada, saya belum sempat bertanya kembali kepada beliau hingga beliau wafat.
12. Hasyiyah al-Kaukab al-Durriyyah ‘Ala Mutammimah al-Ajurumiyyah. Sewaktu saya diperlihatkan karya beliau “At-Ta’aliq Allati Tajud Syarah Maraqish –Shu’ud” yang telah selesai diketik oleh Ust. Fahmi Syihab, saya sangat takjub dengan uraian dan isinya yang menurut saya sangat luar biasa, saya menganggap bahwa karya itu adalah karya terbesar beliau. Ternyata menurut penuturan beliau masih ada karya yang lebih besar dari itu yaitu Hasyiyah al-Kaukab al-Durriyah. Saya pernah mendengar juga dari beliau bahwa beliau sedang menggarap karya besar dalam studi ilmu sharaf berbahasa Arab. Tetapi untuk karya ini belum sempat saya liat (semoga naskahnya masih ada).

Sebagian dari karya-karya beliau yang telah dicetak.
Melihat karya-karya beliau yang sangat luar biasanya itu, maka sangat layak beliau disebut al-Allamah di bidangnya, khususnya di bidang ilmu gramatika Arab (nahwu-sharaf) dan retorikanya (al-balaghah) juga bidang Ushul Fikihnya. Semoga Allah merahmati beliau, mengampuni segala dosanya, menerima segala amalnya, memasukkan ke dalam Jannah-Nya, semoga karya-karyanya bermanfaat untuk semua orang. Aminnn
Innalillahi wa Inna ilaihi Raji'un.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ULAMA YANG LUAR BIASA ILMU DAN ADABNYA ITU TELAH PERGI"

Post a Comment